Semazen

Saturday, November 3, 2012

Pagi di Surga Kecil

Tidak menanam tapi bisa memanen, di Surga Kecil itu bisa terjadi. Tidak perlu punya tanah, mencangkul, atau menanam apapun untuk bisa memanen dan menikmati semua buah tanah yang tumbuh di Surga Kecil. Cukup senyum manis dan sapaan tulus, maka cabe merah, terong, dan jagung manis bisa dipetik dan dibawa pulang. Ini berlaku untuk buah-buah tanah yang lain, asal aturannya diikuti, yang itu tidak sulit. Cukup TULUS! Itu saja password untuk menikmati apapun di Surga Kecil. Yang menerima gembira dan yang memberi juga gembira. Itulah Surga Kecil.

Pagi itu Surga Kecil cerah sekali. Hujan tadi malam mengendapkan semua debu-debu yang biasanya melayang-layang terkena roda motor dan sepeda. Semua yang dipermukaan pun terlihat basah dan segar. Rumput liar, genjer, putri malu, cabe, talas, padi, jagung, semua memegang embun di daunnya. Ketika dipotret embun-embun itu akan membentuk bulatan-bulatan cantik out of focus.

Aku tak berniat memotret apapun pagi itu. Hanya ingin olah raga dan memenuhi paru-paru dengan udara segar. Semalam kurang tidur karena menyelesaikan pekerjaan editing. Agar tidak gampang sakit setidaknya sirkulasi darah perlu dilancarkan dan paru-paru diasupi oksigen lebih banyak. Maka turunlah aku ke Surga Kecil. Seorang Bapak melintas ketika aku sedang menggerak-gerakkan badan dengan tidak terlalu serius. Senyum dan sapanya ramah ketika lewat di depanku. Itulah Pak Man yang memberiku jagung manis dari Surga Kecil.

Tadinya aku tidak bermaksud memotret, tapi karena matahari di Surga Kecil sangat cerah dan daun talas tegak dengan gagahnya, yang membuatku berpikir jangan-jangan bentuk daun pada pembukaan wayang kulit idenya dari daun talas ini. Maka aku kembali ke kamar untuk mengambil kamera. Pak Man yang sedang menyabit pohon jagung tanpa sengaja ikut terpotret. Keberadaannya dan warna bajunya semakin membuat Surga Kecil terlihat indah. Dan dari sinilah perkenalan dengan Pak Man dimulai dan jangung manis bisa kupetik dan kubawa pulang. Begitulah Surga Kecil.













3 comments:

gaLink said...

baguuuuus foto-fotonya! follow aaah =)

Anonymous said...

keren jim... welcome to blogger club. sktr 3 minggu lalu sy menghapus blog lama saya, krn bnyk spam. sekrng sdng lg bikin blog baru utk keluarga... krn itu posting fbku bnyk ttg editing foto... 1 minggu lg akan kulaunching blog itu, utamanya berisi foto2 yg tdk bagus dari sisi fotografi, tp bersejarah... kl sukses baru akan bikin 1 blog lg berisi esai-esai... BTW gmn cara bikin pageviewer? jwbannya krm ke inbox fbku ya... (suhadi)

Anonymous said...

beautiful