Semazen

Thursday, December 13, 2012

#12. Rahasia Kepedihan Seruling Buluh


“Siapapun yang mengalami perpisahan menuggu penyatuan kembali” 
-Maulana Rumi-

            Di Konya aku membeli beberapa CD dan VCD tentang Maulana dan musik Sufi. Setelah dari Konya hasrat jalan-jalanku sedikit mereda sehingga hari itu aku memilih tinggal di kamar dan mendengarkan musik Sufi yang sudah kubeli. Musik sufi artinya suara ney. Di Turki ney-lah yang membuat musik menjadi musik sufi. Kalau sudah mendengarkan suara ney mengalun aku tidak bisa lagi melanjutkan menulis karena terserap oleh suara kepedihan ney sehingga aku memilih diam dan menyesapinya. 

            Ney adalah alat musik yang terbuat dari buluh. Suaranya menusuk jauh sampai ke kedalaman hati hingga terasa pedih. Jadi bisa dimengerti kalau Maulana Rumi menggunakannya untuk mengiringi tarian spiritualnya. Ia menyuarakan kepedihan rindu para pencinta pada objek cintanya, yang tak lain adalah asal-usul dirinya. Ney mampu menyuarakan kerinduan Maulana pada kekasih sejatinya yang tak lain adalah Allah sendiri.
            Di Indonesia ney kita sebut seruling dan lebih banyak dipakai untuk mengiringi musik dangdut. Karena dibunyikan untuk kepentingan yang berbeda kita tidak merasakan nuansa spiritualnya. Tapi seruling Sunda setidaknya mampu mambuat kita merasakan keagungan pencipta semesta lewat gambaran alam pedesaan yang ditimbulkannya. Maka jika di Turki suara ney berasosiasi dengan kepedihan rindu para pencinta, di Sunda suara seruling berasosiasi dengan keindahan alam pedesaan yang damai dan tentram.
            Ney menjadi simbol spiritual karena ia mampu menampung filososfi perjalanan hidup manusia menuju kesempurnaan dan mewakili kerinduan manusia kepada Tuhan. Dalam pandangan para Sufi esensi manusia berasal dari Ruh Tuhan. Ketika Tuhan memutuskan untuk menciptakan Adam Ia meniupkan Ruh-Nya sendiri kedalam diri Adam.  Sehingga kerinduan yang dirasakan oleh manusia pada Tuhan pada dasarnya adalah kerinduan untuk kembali menyatu pada asal-usulnya yaitu Tuhan.
            Seperti halnya ney yang harus dipotong dari buluh induknya lalu dijemur, dibakar dan kemudian dilubangi, manusia pun juga mengalami kepedihan yang sama dalam hidupnya. Manusia terpisah dari Tuhan lalu mengalami berbagai terpaan hidup sebelum akhirnya menjadi pribadi yang matang.

            Bagi Maulana, Ney menyimbolkan manusia sempurna yang telah mencapai kematangan spiritual melalui berbagai tahapan proses dalam kehidupannya. Seperti halnya ney yang hanya bisa berbunyi jika kita tiupkan nafas kita padanya, begitu pula manusia yang hanya bisa hidup jika nafas Tuhan ditiupkan dalam dirinya. Karena ney mampu mewakili kepedihan rindunya, maka Maulana diawal-awal kitab Mathnawi-nya, secara khusus bercerita tentang ney ini.
           

Dengarlah! Bagaimana Ney ini bisa mengeluhkan dan mengisahkan keterpisahan?
Perempuan maupun laki-laki menangis dan merintih karena mereka telah memotongku dari batang.
Aku hanya menginginkan hati yang tercabik karenai duka perpisahan, sehingga aku bisa menuturkan penderitaanku.
Siapapun yang mengalami perpisahan menuggu penyatuan kembali
Aku sudah berteriak dan mengerang pada orang-orang,
aku telah menjadi sahabat karib orang baik maupun jahat.
Semua orang sudah menjadi sahabatku.
Tapi tak satupun yang mencari tahu rahasiaku.
Rahasiaku tak lain adalah tangisanku,
tapi tak semua mata dan telinga mempunyai cahaya Tuhan.

Tubuh dan Ruh tidak saling bersembunyi,
tapi Ruh tak terlihat pada setiap orang.

Suara ney ini adalah api, bukan udara.
Dimana tak ada api, biarlah ia lenyap.

Api dari cintalah yang memasuki ney;
antusiasme cintalah yang membuat minuman jadi berbusa.
Ney adalah teman dan pendamping orang yang terpisah dari kekasihnya.
Nada ney telah merobek semua nada.
Siapa selain ney yang melihat racun dan penawarnya sekaligus?
Ney bercerita tentang jalan yang dipenuhi darah dan kisah cinta Majnun.
Ia adalah akal, ia adalah rahasia kearifan;
lidah tak punya lagi klien kecuali telinga.

Hari-hari menjadi lebih panjang dan semakin panjang karena duka kita.
Hari-hari berpasangan dengan pembakaran.
Biarkan hari berlalu; apalah artinya duka dan derita!
Oh, cinta tanpa kawan, hanya kau yang tinggal disini.
Kecuali bagi ikan, segalanya puas dengan air;
bahkan hari-hari orang yang tak punya makanan semakin panjang.
Bagaimana orang yang masih mentah memahami tingkat kematangan ini.
Sekian dulu untuk saat ini.        
Disini aku harus berhenti, di titik ini.
           
            Begitulah Maulana mengapresiasi Ney yang mampu mewakili kepedihan rindunya pada sang Kekasih.  Ney pun menjadi musik spiritual di Turki, musik para Sufi. Bagaimana dengan Indonesia?  
            Di Indonesia khususnya di Jawa kita juga punya musik spiritual yang sering dilupakan orang. Musik spiritual itu bernama gamelan. Inilah musik yang dulu kuanggap sangat tidak menarik dan membosankan tetapi kemudian terdengar begitu indah dan mencerahkan. Aku tidak tahu sejak kapan mulai menyukai gamelan tapi beberapa tahun belakangan ini aku selalu terpukau pada suara gamelan, siapapun yang memainkan. Suara gamelan tidak hanya menghibur telinga tetapi juga mampu membawa pada kesadaran yang lebih tinggi.
            Berbeda dengan ney yang suaranya memusat di dada, suara gamelan menyebar keseluruh tubuh bahkan keluar tubuh. Ketika gong dibunyikan ia seolah-olah membangunkan alam semesta termasuk kita di dalamnya. Gamelan pun memuat filosofi yang sangat luas dan dalam. Jika ney merepresentasikan kerinduan pada Tuhan maka Gamelan menyimbolkan kedamaian dan keharmonisan alam semesta. Jika Ney bisa dimainkan sendirian tidak halnya dengan gamelan, Ia harus dimainkan berombongan karena menyimbolkan haromoni dalam keragaman. Maka gamelan pun merepresentasikan dengan baik falsafah negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu yaitu Indonesia. Falsafah ini kalau ditarik lebih dalam menggambarkan keberagaman isi alam semesta yang sesungguhnya merupakan manifestasi dari yang Maha Tunggal. Jika ney merepresentasikan kerinduan dan pencarian maka gamelan merepresentasikan pengejawantahan.
            Jika para sunan menggunakan gamelan dalam proses penyebaran Islam di tanah Jawa, menurutku karena mereka paham betul apa yang direpresentasikan oleh gamelan ini. Gamelan bukan sekedar alat musik yang dibuat untuk memroduksi bunyi tapi juga punya pengaruh dahsyat pada jiwa dan raga manusia. Gamelan pastilah tidak dibuat sembarangan. Ia dibuat dengan kesadaran dan pengetahuan yang dalam tentang alam semesta, manusia, dan Tuhan.
            Menurut Pak Kuntowijoyo, melodi dalam musik gamelan disesuaikan dengan konsep waktu siklus dalam sistem pengetahuan Jawa yang disebut asta-wara, yaitu suatu lingkaran bilangan yang selalu kembali pada hitungan ke delapan. Artinya gamelan tidak sekedar alat musik tetapi representasi  dari sebuah pengetahuan yang dalam tentang waktu, yang pada intinya adalah pengetahuan tentang Sang Hyang Tunggal, Pemilik Jagad Semesta, entah dengan nama apapun Dia disebut, atau dengan cara apapun Dia disembah.
            Menurut Pak Kunto lagi, hingga saat ini mungkin hanya gamelan sekaten yang masih mampu melestarikan fungsi spiritual gamelan. Manurutnya, melodi, ritme, harmoni dan, dinamik gamelan sekaten adalah representasi perjalanan suci menuju Tuhan, sehingga Ia pun berkesimpulan bahwa gamelan sekaten adalah sintesa yang berhasil antara agama dan seni. 
            Aku melihat ney sebagai representasi spiritualitas maskulin sedangkan gamelan mewakili spiritualitas feminin, tanpa bermaksud mendikotomi. Ini bisa dilihat dari bentuk dan bagaimana Ia dimainkan. Ney berbentuk tongkat sehingga bisa disamakan dengan lingga sedangkan gamelan? Gamelan terutama gong berbentuk yoni terbalik, sehingga lebih mirip buah dada perempuan, -yang menurut salah seorang sufi perempuan yang kutemui merupakan lorong waktu. Untuk saat ini aku tak paham apa maksudnya.  
            Ney bisa dimainkan sendirian sebagaimana para salik atau pencari yang menyendiri mencari Tuhan. Sedangkan gamelan merupakan sebuah orkestra yang terdiri berbagai alat musik, seperti kenong, kempul, gong, bonang barung, saron dan lain-lainnya, karena ia membawa pesan harmoni dalam keragaman.
            Di degung Sunda gamelan dan ney dipertemukan sehingga mampu merepresentasikan kedua fungsi ini, pencarian dan pengejawantahan. Representasi spiritual ney dan gamelan membuatku ingat pada peristiwa mi’raj Nabi Muhammad. Ketika masih dalam proses pencarian Nabi Muhammad banyak menyendiri dan berkontemplasi. Namun setelah peristiwa mi’raj dan mencapai Tuhan Ia memilih untuk kembali ke Bumi  dan menjadi bagian dari masyarakat. Ia kembali untuk mengabarkan kabar gembira dari hasil perjalanannya. Karena kasih sayang pada umatnya Ia memilih kembali daripada bersanding bersama Tuhan. Itulah mengapa ia layak menyandang gelar Rahmatan lilalamin, rahmat bagi seluruh alam. Ia kembali untuk mengejawantahkan kesempurnaan sifat-sifat Tuhan dan menyempurnakan perjalanan pulang menuju Tuhan. Inilah barangkali mengapa Sunan Kalijaga membunyikan gamelan di acara sekaten untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad. Seolah Ia ingin membangunkan jagad raya untuk menyambut kedatangan rahmat bagi semesta alam ini. Melalui gamelan Ia seolah berpesan, "Marilah kembali kepada Tuhan bersama-sama, walaupun kita tampak berbeda rupa dan suara tapi sesungguhnya  kita satu, sesama makhluk Tuhan." Bhinneka Tunggal Ika, bukan kebetulan menjadi semboyan bangsa kita. 

1 comment:

Anonymous said...

Ingat degung sunda jadinya.